Monday, October 12, 2015

CARA LATIHAN MENJADI LIBERO

Apakah tugas libero dalam permainan bola voli?Pasti ada yang belum tau kan tugas dari libero,dalam permainan bola voli seorang pemain libero mempunyai peran yang sangat penting yaitu seorang pemain belakang  yang mengambil bola dari servis lawan untuk diberikan kepada toser,selain itu seorang libero tidak boleh melakukan smash hanya melakukan pertahanan dibelakang dari serangan lawan.Biasanya seragam pemain libero berbeda dengan yang lainnya.Seorang pemain libero harus mempunyai kriteria-kriteria sebagai berikut:


1.Mempunyai tehnik yang bagus terutama passing atas dan passing bawah

2.Mempunyai tingkat pertahanan yang kuat

3.Kelincahan

4.Harus bisa menerima servis dari lawan

Untuk mencapai semua itu harus dilatih dengan rutin dan sungguh-sungguh.Yang jadi pertanyaan bagaimana cara melatihya?tadi saya sudah menjelaskan tugas dari seorang pemain libero,sekarang saya akan memberikan cara melatih libero dalam permainan bola voli.

tugas dan cara melatih libero voli

CARA MELATIH LIBERO BOLA VOLI


Untuk menjawab pertanyaan diatas saya akan memberikan langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk berlatih menjadi seorang pemain libero dalam permainan bola voli.

1.PEMANASAN


Sebelum anda melakukan latihan maupun kegiatan olah raga sebaikya anda melakukan pemanasan dulu secara statis dan dinamis(secara urut dari penguluran sampai senam kecil)agar tidak mudah terjadi cidera.

2.LATIHAN PASSING ATAS DAN BAWAH


Lakukanlah sendiri dengan mempassing-passingkan bola mulai dari passing atas selama mungkin,dan lakukan tehnik passing atas secara benar,selain itu passing bawah juga harus anda lakukan sendiri.
Kalau anda sudah belajar passing sendiri silahkan mengajak orang orang utuk mengoperkan bola sementara anda mempasing bola secara bergantian atas dan bawah.
Suruh teman melempar bola secara cepat usahakan anda selalu tepat dalam mempassing bola tersebut.

3.LATIHAN KELINCAHAN


Untuk melatih kelincahan anda diperlukan seorang teman dan bola yang cukup banyak pertama-tama suruh teman melepar bola tepat ke arah anda usahakan selalu mempassing bola dengan baik selanjutya bola dilempar agak jauh dari jangkauan dan km harus bisa mengambil bola itu dengan baik atau lakukan dengan posisi menjatuhkan badan untuk meraih bola tersebut
Kalau dirasa sudah bisa suruh teman untuk melempar dengan cepat dan anda harus sipa dan memperhatikan bola tersebut larinya kemana dan harus bisa mengambilnya dengan baik

4.LATIHAN MENERIMA SERVIS


Anda berdiri ditengan lapangan,suruh teman melakukan servis dari berbagai macam servis,usahakan anda bisa mengambilnya. Baik itu menggunakan passing atas maupun passing bawah.Lakukan dengan rutin dan sungguh dalam latihan.

No comments:

Post a Comment